PEMBANGKIT
MOTIVASI DAN SEMANGAT
Bantu Siswa Meyakini Bahwa
Keberhasilan Itu Suatu Yang Mungkin
Otak
Manusia, seperti halnya mesin, tidak akan bekerja pada tingkat efisiensi
tertinggi bila ‘bensin’nya kurang, dipenuhi jegala, atau ada alat penting walau
sederhana tapi hilang. Jika murid-murid Anda kenyang, mendapat perhatian orang
tua yang memadai, secara emosional terkendali, dan berpendidikan baik, mungkin
anda tidak akan hadapi masalah serius ketika Anda berusaha memberi motivasi
kepada murid Anda untuk belajar. Namun , bila mereka lapar , lelah, menderita
stress emosional, atau tidak pnya hubungan baik dengan orag tua maka murid di
hadapan Anda adalah tantangan. Jangan putus asa. Apa yang Anda hadirkan untuk
murid Anda sama pentingnya dengan apa yang dibawa murid-murid Anda ke dalam
kelas.
Minta Tanggapan MUrid Sesering
Mungkin
Murid akan lebih mudah menurut bila
mereka mendapat kesempatan memberikan tanggapan untuk pengajar tentang tingkat
kesulitan, permintaan khusus atau pilihan, dan waktu yang diberikan untuk tiap
tugas. Ada murid yang perlu diingatkan bahwa keritik membangun adalah saran
untuk memperbaiki sesuatu. (Bila Anda diberi komentar main-main atau jahat,
jangan semangati murid tersebut dengan menjawab mereka; simpan saja tanggapan
tak berguna itu di tempat sampah ketika
Anda sendari).
Ajarkan Keterampilan Pencarian
Solusi
Murid yang berperilaku buruk sering
tidak punya keterampilan pencarian solusi. Bukannya menganalisis situsi, mereka
malam bereaksi dan bertindak menurut cetusan ide yang pertama kali keluar dari
pikiran mereka. Sebelum para murid mengahadapi masalah pribadi secara efektif,
maka mereka tak akan konsentarsi melaksanakan pelajaran yang anda ajarkan, jadi
sebenarnya mengajarkan pencarian solusi akan bermanfaat bagi anda. Pada
dasarnya,pencarian solusi,adalah sebuah lingkaran, seperti halnya membuat
tujuan (goal). Kita bias ajarkan anak-anak cara menyelesaikan masalah secara logis dengan mengajarkan
langkah-langkah dalam lingkaran dan memberi kesempatan agar mereka berlatih
mengatasi masalah.
DAFTAR PUSTAKA
Johnson Louanne. (2008). Pengajaran Yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: macanan jaya cemerlang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar