Selasa, 08 Januari 2013

BK BELAJAR

PEMBANGKIT MOTIVASI DAN SEMANGAT

Bantu Siswa Meyakini Bahwa Keberhasilan Itu Suatu Yang Mungkin
            Otak Manusia, seperti halnya mesin, tidak akan bekerja pada tingkat efisiensi tertinggi bila ‘bensin’nya kurang, dipenuhi jegala, atau ada alat penting walau sederhana tapi hilang. Jika murid-murid Anda kenyang, mendapat perhatian orang tua yang memadai, secara emosional terkendali, dan berpendidikan baik, mungkin anda tidak akan hadapi masalah serius ketika Anda berusaha memberi motivasi kepada murid Anda untuk belajar. Namun , bila mereka lapar , lelah, menderita stress emosional, atau tidak pnya hubungan baik dengan orag tua maka murid di hadapan Anda adalah tantangan. Jangan putus asa. Apa yang Anda hadirkan untuk murid Anda sama pentingnya dengan apa yang dibawa murid-murid Anda ke dalam kelas.
Minta Tanggapan MUrid Sesering Mungkin
            Murid akan lebih mudah menurut bila mereka mendapat kesempatan memberikan tanggapan untuk pengajar tentang tingkat kesulitan, permintaan khusus atau pilihan, dan waktu yang diberikan untuk tiap tugas. Ada murid yang perlu diingatkan bahwa keritik membangun adalah saran untuk memperbaiki sesuatu. (Bila Anda diberi komentar main-main atau jahat, jangan semangati murid tersebut dengan menjawab mereka; simpan saja tanggapan tak berguna itu di tempat sampah ketika  Anda sendari).
Ajarkan Keterampilan Pencarian Solusi
            Murid yang berperilaku buruk sering tidak punya keterampilan pencarian solusi. Bukannya menganalisis situsi, mereka malam bereaksi dan bertindak menurut cetusan ide yang pertama kali keluar dari pikiran mereka. Sebelum para murid mengahadapi masalah pribadi secara efektif, maka mereka tak akan konsentarsi melaksanakan pelajaran yang anda ajarkan, jadi sebenarnya mengajarkan pencarian solusi akan bermanfaat bagi anda. Pada dasarnya,pencarian solusi,adalah sebuah lingkaran, seperti halnya membuat tujuan (goal). Kita bias ajarkan anak-anak cara menyelesaikan  masalah secara logis dengan mengajarkan langkah-langkah dalam lingkaran dan memberi kesempatan agar mereka berlatih mengatasi masalah.
DAFTAR PUSTAKA
Johnson  Louanne. (2008). Pengajaran Yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: macanan jaya cemerlang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar