Selasa, 08 Januari 2013

BK KARIR


MODEL-MODEL LINGKUNGAN DAN PENGARUH YANG DIHARAPKAN

Perilaku Jabatan
            Implikasi model lingkungan mengarahkan pada pemilihan jabatan, kemantapan (stabilitasi) pemilihan, hasil pekerjaan (prestasi kerja), riwayat kerja (pola karier), dan kepuasan kerja.
            Arah pemilihan jabatan. Masing-masing model lingkungan diketemukan pada orang tersebut yang dikuasai oleh tipe yang sama dengan tipe yang berhubungan dengan lingkungan. Daya tarik lingkungan realistis adalah tipe realistis. Lingkungan intelektual menarik tipe intelektual. Hipotesis ini didasarkan pada dugaan bahwa timbulnya minat dan nilai-nilai yang sama seharusnya dikulifikasikan: Orang-orang tertarik juga dengan tugas-tugas dan situasi-situasi yang memuaskan atau memenuhi kebutuhan pribadinya dan memberikan kepadanya kepuasan.
a.       Kemantapan Pemilihan.
Setiap lingkungan mempengaruhi kemantapan (stabilitas) pemilihan jabatan berdasarkan atas konsistensi dan karakter-karakter tertentu. Lingkungan realistis kemungkinan menghasilkan kemantapan disebabkan karena linkungan tersebut dengan segera atau secara eksplisit memberikan kepuasan. Misalnya, seseorang tukang mebel dapat melihat hasil keterampilan kerjanya dengan cepat; ia bias memeriksa dengan cepat untuk meneliti apakah pekerjaanya memenuhi standar (rencana) dan dia bias menunjukan hasil kerjanya pada orang lain.

Prestasi Akademis
Dalam beberapa hal bermacam-macam lingkungan mempengaruhi prestasi akademis, bergantung pada aspirasi-aspirasi dan sifat-sifat tipe yang dihuni (didiami) masing-masing lingkungan. Lingkungan dapat disusun dari ide-ide tersebut, yang sebagian besar akan mendatangkan atau menghasilkan prestasi akademis yang tampak sekurang-kurangnya menghasilkan: Intelektual, Sosial, Konvensional, Artistik, Realistis, dan Enterprising.



























DAFTAR PUSTAKA
Sukardi Ketut Dewa. (1993).  Psikologi Pemilihan Karir. Jakarta. Rineka Cipta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar