Selasa, 08 Januari 2013

BK BELAJAR


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PENDIDIKAN

            Inovasi pendidikan merupakan perubahan pendidikanyang didasarkan atas usaha-usaha sadar, terencana, berpola dalam pendidikan yang bertujuan untuk mengarahkan, sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi dan tuntutan zamannya.
            Berikut ini akan dikemukakan lebih jauh tentang beberapa faktor yang cukup berperan mempengaruhi inovasi pendidikan, yaitu:
Visi Terhadap Pendidikan
Pendidikan merupakan persoalan asasi bagi manusia. Manusia sebagai makhluk yang dapat dididik dan harus dididik akan tumbuh menjadi manusia dewasa dengan proses pendidikan yang dialaminya. Sejak kelahiran manusia telah memiliki potensi dasar yang universal, berupa:
a.       Kemampuan untuk membedakan antara yang baik dan yang buruk (moral identity).
b.      Kemampuan dan kebebasan untuk memperkembangkan diri sendiri sesuai dengan pembawaan dan cita-citanya (individual identity).
c.       Kemampuan untuk berhubungan dan kerja sama dengan orang lain (social identity).
d.      Adanya ciri-ciri khas yang mampu membedakan dirinya dengan orang lain (individual differences).
Faktor Pertambahan Penduduk
Pertambahan penduduk yang cepat merupakan faktor yang sangat menentukan dan berpengaruh besar terhadap penyelenggaraan pendidikan, karenanya menuntut adanya pembaharuan-pembaharuan di bidang pendidikan.


Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Seiring dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, justeru ditandai dengan majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan secara akumulatif dan makin cepat jalannya.
Tuntutan Adanya Proses Pendidikan yang Relevan
Sebagaimana telah dikemukakan, bahwa salah satu tuntutan diadakannya inovasi di dalam pendidikan adalah adanya relevansi antara dunia pendidikan dengan kebutuhan masyarakat atau dunia kerja.























DAFTAR PUSTAKA
Hasbullah. (1999). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar