Senin, 07 Januari 2013

BK PRIBADI


TEMPRAMEN, WATAK, DAN KEPRIBADIAN

            Tempramen adalah sifat-sifat yang berhubungan dengan emosi (perasaan), misalnya pemarah, penyabar, periang, pemurung, introvert, ekstrovert, dan sebagainya. Sifat-sifat emosional adalah bawaan (warisan/turunan), sehingga bersifat permanen dan tipis kemungkinan untuk dapat berubah.
            Temperamen selalu menunjukan hubungan/perpaduan yang erat antara rohania dengan jasmaniah. Seseorang yang memiliki temperamen tinggi adalah seseorang yang mudah emosi (naik darah/marah) diiringi dengan gerakan-gerakan tangan, kaki , mata, mulut serta raut muka marah, pucat dan sebagainya. Sedangkan orang yang penyabar dengan wajah tenang, serta berbicara lambat, serta irama yang mantap.
            Watak (karakter, tabat) adalah sifat-sifat yang berhubungan dengan nilai-nilai, misalnya jujur, pembohong, rajin, pemalas, pembersih, penjorok, dan sebagainya. Sifat-sifat itu bukan bawaan lahir, tetapi diperoleh setelah lahir, yaitu dari kebiasaan sejak kecil, atau sebagai hasil dari pengaruh pendidikan/lingkungan sejak kecil. Sifat-sifat seperti ini terbentuk terutama pada masa-masa anak-anak sampai umur lima tahun (balita), dan berkembang terus sampai masa sekolah dan remaja.
            Berbeda halnya dengan temperamen, yang yang sangat sukar dipengaruhi/diubah, maka wataknya besar kemungkinan sukar untuk diubah. Sifat jujur, pembohong, rajin, pemalas, percaya pada diri sendiri (optimis), pesimis, dan sebagainya,semua itu adalah hasil tempaan orang tua dan pengaruh lingkungan sejak kecil. Kepribadian adalah keseluruhan aspek yang terdapat di dalam diri seseorang, termasuk dalam tem-peramen dan watak. Di samping itu, termasuk juga ke delam kepribadian semua pola tingkah laku, kebiasaan, sikap, kecakapan, serta semua hal yang selalu muncul dari seseorang. Dengan demikian, kepribadian mengandung arti yang lebih luas dari temperamen dan watak adalah sebagian dari kepribadian.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi Abu, Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan. Jakarta: RINEKA CIPTA. 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar